logo

DPD RI Micro Site

Senin, 19 November 2018 | Edisi : Indonesia

PDAM Tirta Khatulistiwa Dinilai Mampu Suplai Air Bersih untuk Pontianak

Selasa, 08 Mei 2018 - 21:07:13 WIB
M Anwar, TEROPONGSENAYAN
353. PDAM Tirta Khatulistiwa Dinilai Mampu Suplai Air Bersih untuk Pontianak.JPG.JPG
Sumber foto : Humas DPR RI
Lasarus

PONTIANAK (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menyampaikan, sebesar 80 persen masyarakat Kota Pontianak sudah menggunakan air bersih dari PDAM Tirta Khatulistiwa. Saat ini, PDAM di Kota Pontianak itu mampu memproduksi air bersih hingga 300 liter per detik, sehingga sudah mampu menyuplai air bersih hingga 100 persen masyatakat Kota Pontianak.

“PDAM Tirta Khatulistiwa sudah mampu menyuplai air bersih hingga 100 persen di Kota Pontianak dengan jumlah penduduk saat ini. Namun ke depan, PDAM perlu membuat plan jangka panjang, karena pertumbuhan penduduk di Kota Pontianak, Kalimantan Barat akan terus bertambah. Maka kebutuhan akan air bersih juga akan meningkat,” ungkap Lasarus memimpin Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI meninjau PDAM Tirta Khatulistiwa di Pontianak, Kalbar, Senin (30/04/2018).

Lebih lanjut, politisi PDI Perjuangan itu meminta agar PDAM mulai memikirkan plan jangka panjang tersebut dari sekarang. Karena seiring dengan pertumbuhan penduduk maka diharapkan suplai air bersih dari PDAM akan mengikuti pertumbuhan jumlah penduduk Kota Pontianak dan tentunya nanti bisa menampung cadangan air bersih yang cukup.

“Kita sudah meminta PDAM segera membuat planning perencanaan. Untuk yang sekarang hanya bisa 100 persen menyuplai air bersih dengan jumlah penduduk saat ini. Namun 10-15 tahun ke depan, jumlah penduduk tentu akan meningkat. Maka cadangan-cadangan air bersih juga perlu disiapkan dari sekarang,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui bahwa pada tahun 2018 ini, PDAM Turta Khatulistiwa mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat untuk jaringan pipa induk besar dengan anggaran kisaran Rp30 miliar.(yn)