logo

DPD RI Micro Site

Sabtu, 22 September 2018 | Edisi : Indonesia
Hari Sumpah Pemuda

Senator Nofi Candra Ajak Pemuda Bersatu Bangun Indonesia

Sabtu, 28 Okt 2017 - 17:01:09 WIB
M Anwar, TEROPONGSENAYAN
68Nofi-Chandra-DPD.jpg
Sumber foto : Istimewa
Nofi Chandra

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Anggota DPD RI Nofi Candra meminta agar momentum Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober menjadi dasar bagi para pemuda untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

Nofi mengatakan, pemuda mempunyai peran besar bagi kemajuan bangsa dan negara. Sejarah mencatat bagaimana peran pemuda-pemudi Indonesia dalam berjuang untuk kemerdekaan negara Indonesia.

“Tahun 1928 memberi pelajaran bahwa pemuda-pemusi yang tampil menjadi pelopor adalah mereka yang memiliki kesadaran besar, kesadaran tentang bangsa dan negaranya bukan hanya kesadaran tentang dirinya, bukan hanya kesadaran tentang etnisnya, bukan hanya kesadaran tentang agamanya,” kata Nofi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/10/2017).

Menurutnya, tantangan pemuda saat ini adalah membangun Indonesia yang berkedaulatan pangan, kemandirian energi, kemandirian politik, kemandirian budaya, kemandirian ekonomi, kedaulatan budaya, politik, dan kedaulatan ketahanan.

“Karena itu pemuda saat ini tidak hanya menjadi pelopor didalam bangsanya sendiri tetapi harus menjadi pelopor Indonesia yang mampu berdiri tegak menjadi komunitas International,” imbuhnya.

Nofi berpesan agar pemuda Indonesia harus sadar dan melek sejarah perjuangan. Jangan mau dipolarisasikan oleh kepentingan jangka pendek apalagi sampai mempertaruhkan dasar bernegara, yaitu Pancasila. 

“Wahai pemuda mari kita renungkan betul, makna dari Sumpah Pemuda untuk menjadikan kita pemuda yang santun, cerdas, inspiratif, dan berprestasi ditengah gelombang demokratisasi dan pragmatisme,” ucap Senator yang oernah menjabat sebagai Ketua DPD KNPI Solok tahun 2011 ini.

Nofi menganggap pemuda-pemudi saat ini merupakan calon pemimpin masa depan Indonesia. Oleh karena itu, melalui momentum Sumpah Pemuda ini, ia mengajak seluruh pemuda dan masyarakat untuk berkomitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. 

“Dalam rangka melaksankan sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 2017 ini mari kita semua bersumpah. Wahai bapak-bapak hari ini bersumpah akan melahirkan orang-orang muda yang hebat dan wahai pemuda hari ini bersumpah akan menjadi pelopor buat bangsa Indonesia akan menjadi andalan buat keluarga, dan akan menjadi pelopor buat Sumatera barat tercinta,” tegas Senator asal Sumatera Barat.(yn)