logo

DPD RI Micro Site

Sabtu, 25 November 2017 | Edisi : Indonesia
Suara Senator

DPD Dorong Pemerintah Tingkatkan Energi Baru Terbarukan

Rabu, 16 Agu 2017 - 20:00:00 WIB
M Anwar, TEROPONGSENAYAN
28Oesman-Sapta2.jpg
Sumber foto : Istimewa
Oesman Sapta Odang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang mendorong pemerintah untuk meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan di berbagai daerah.

Tujuannya dalam rangka mengembangkan sektor energi di Tanah Air dan memenuhi kebutuhan energi masyarakat.

"Di bidang energi, kami mendorong pemerintah dan pemerintah daerah meningkatkan pelaksanaan program listrik perdesaan berbasis energi baru terbarukan," kata Oesman Sapta dalam Pidato Pengantar Ketua DPD dalam Sidang Bersama DPR-DPD RI di Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Kedaulatan energi di Negara Kesatuan Republik Indonesia diperkirakan dapat tercapai bila potensi energi terbarukan seperti geothermal atau panas bumi yang banyak tersimpan di berbagai daerah dapat dioptimalkan dengan tepat.

"Kedaulatan energi di Indonesia sejatinya dapat tercapai apabila didorong dengan program energi baru dan terbarukan," kata Wakil Ketua DPR Agus Hermanto di Jakarta, Rabu (2/8).

Politikus Partai Demokrat itu mengingatkan bahwa Peraturan Pemerintah No 79/2014 tentang Kebijakan Energi Nasional telah menargetkan peran energi baru dan terbarukan paling sedikit 23 persen pada tahun 2025.

Dari jumlah tersebut, lanjutnya, energi panas bumi ditargetkan berkontribusi 4,8 persen atau sekitar 7.000 megawatt.

Sementara itu, Kementerian ESDM terus mendorong pengembangan energi baru terbarukan dari pembangkit panas bumi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan pihaknya akan terus mendorong pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sesuai dengan komitmen Pemerintah Republik Indonesia (RI) pada COP 21 di Paris bulan Desember 2015.

Panas bumi, sebut Jonan, dapat diharapkan untuk memberikan kontribusi yang sangat besar bagi kelistrikan di Indonesia.(yn/ant)