logo

DPD RI Micro Site

Sabtu, 23 September 2017 | Edisi : Indonesia
Aktifitas Komite

Anggota DPD RI Pantau Harga Kebutuhan Pokok Ambon, Ini Penjelasannya

Selasa, 20 Jun 2017 - 18:46:41 WIB
M Anwar , TEROPONGSENAYAN
27unnamed (8).jpg
Sumber foto : Istimewa
Anna Latuconsina

AMBON (TEROPONGSENAYAN)--Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI melakukan kunjungan sekaligus memantau harga dan stok bahan kebutuhan pokok di Kota Ambon, Maluku, menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Anggota DPD RI Daerah Pemilihan Maluku Ana Latuconsina di Ambon, Senin (19/6/2017) mengatakan, kunjungan kerja Komite II DPD RI dalam rangka pengawasan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.

"Kunjungan kami kali ini untuk melihat langsung harga barang dan ketersediaan bahan pokok di pasar menjelang lebaran apakah stabil atau tidak," katanya di Pasar Mardika Ambon.

Menurut dia, kenaikan harga dan kelangkaan bahan pangan menjelang puasa hingga lebaran telah menjadi tradisi, padahal kebutuhan pokok sangat dibutuhkan.

"Kebutuhan pokok merupakan hal yang penting terutama menjelang hari raya. Karena itu pengawasan penting dilakukan baik oleh pemrintah daerah maupun pengawasan berjenjang dari kementerian maupun pihak legislatif," katanya.

Pihaknya kata Ana, selain melakukan pantauan juga berupaya menampung aspirasi pemerintah daerah, pelaku usaha dan pedagang di pasar terkait UU Nomor 7 Tahun 2014.

Undang-Undang No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan mengatur sektor perdagangan secara menyeluruh yang meliputi perdagangan dalam negeri, perdagangan luar negeri, perdagangan perbatasan, standardisasi, perdagangan melalui sistem elektronik; perlindungan dan pengamanan perdagangan.

Selain itu pemberdayaan koperasi serta usaha mikro, kecil dan menengah, pengembangan ekspor, kerja sama perdagangan internasional, sistem informasi perdagangan, tugas dan wewenang pemerintah di bidang perdagangan; Komite Perdagangan Nasional; pengawasan; penyidikan; dan jasa yang dapat diperdagangkan.

"Kami ingin mendapatkan masukan dari pemerintah daerah maupun pelaku usaha sehingga aspirasi tersebut dapat kami tindak lanjuti," ujarnya

Ana menambahkan, harga kebutuhan pokok di Ambon cukup kondusif dan mengalami penurunan sebelum hari raya Idul Fitri.

"Hasil tinjauan yang dilakukan ternyata harga sangat kondusif dan mengalami penurunan sebelum lebaran, ini menandakan pengawasan dalam rangka menstabilkan harga kebutuhan pokok yang dilakukan pemerintah daerah cukup baik," tandasnya.(ant/dia)