logo

DPD RI Micro Site

Sabtu, 23 September 2017 | Edisi : Indonesia
Aktifitas Pimpinan

Mengenakan Pakaian Adat, Pimpinan DPD RI Hadiri Upacara Lahir Pancasila

Kamis, 01 Jun 2017 - 23:37:32 WIB
M Anwar , TEROPONGSENAYAN
87IMG-20170601-WA0082.jpg
Sumber foto : Istimewa
Ketua DPD RI Oesman Sapta saat upacara Hari Kelahiran Pancasila, 1 Juni 2017 di Gedung Pancasila, Penambangan, Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua DPD RI Oesman Sapta, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono dan Damayanti Lubis menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2017) di halaman gedung Pancasila, Pejambon, Jakarta. Mereka mengenakan pakaian adat, seperti para pejabat lainnya.

Ketua DPD RI Oesman Sapta memilih mengenakan pakaian atau baju koko adat melayu berwarna kuning keemasan. Baik celana maupun baju yang dikenakan Oesman Sapta warnanya sama yaitu kuning keemasan.

Sedang Nono mengenakan jas kain tenun khas Maluku. Jas berbahan kain tenus yang dikenakan Nono berwarna warni, hitam, merah, putih dan kuning. Sedang Damayanti memilih mengenakan setelan baju adat melayu berwarna merah.

Pada upacara yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) suasana Kebhinekaan Indonesia tampak nyata sekali. Presiden Jokowi memakai baju khas betawi, warna hitam, lengkap dengan kain batik hijau di bagian bawah. Peci hitam dia kenakan. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) juga kompak mengenakan busana adat yang sama. Bedanya, kain batiknya berwarna merah muda.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengenakan busana adat Nias, dia dapat dari Nias Selatan. "Ini baju dari Nias selatan, tadi aku bawa pedang tapi nggak bisa masuk," kata Yasonna.

Tjahjo Kumolo mengenakan busana Batak Toba. Dia disumbang baju ini oleh masyarakat Batak di Toba. "Ini saya diberi oleh masyarakat, nyumbang sejuta, di daerah Danau Toba," kata dia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Asman Abnur dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono juga nampak mengenakan busana adat. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengenakan busana adat Madura, lengkap dengan kaos dalam loreng merah dan putih.

Tak ketinggalan, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri BUMN Rini Soemarno mengenakan kebaya. Anak-anak sekolah juga banyak yang mengenakan pakaian adat, dari Dayak hingga Minang. Mereka berfoto-foto di depan Gedung Pancasila usai upacara.(dia/dbs)