logo

DPD RI Micro Site

Sabtu, 25 November 2017 | Edisi : Indonesia
Info DPD

PPUU DPD RI Sahkan Jadwal Kegiatan Masa Sidang V Tahun 2016-2017

Minggu, 28 Mei 2017 - 00:40:23 WIB
M Anwar , TEROPONGSENAYAN
19FB_IMG_1495906207568.jpg
Sumber foto : Istimewa
Rapat PPUU DPD RI, Gedung B lantai 3, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (3/5/2017)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)–“Agenda pleno kita pada hari ini adalah pembahasan dan pengesahan jadwal kegiatan PPUU Masa Sidang V Tahun 2016-2017, pembagian kelompok uji shahih RUU tentang Penanggulangan Bencana dan pembagian kelompok penguatan fungsi legislasi DPD, “ ungkap Ketua PPUU Muhammad Afnan Hadikusumo (Senator asal DI Yogyakarta), membuka rapat, Rabu (3/5/2017).

Setelah menyepakati jadwal kegiatan di Ruang Rapat PPUU DPD RI, Gedung B lantai 3, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Wakil Ketua PPUU, Djasarmen Purba, S.H. (Senator asal Kepulauan Riau) membagi kelompok uji shahih RUU tentang Penanggulangan Bencana yang rencananya akan dilaksanakan di 3 (tiga) provinsi yaitu, Sumatera Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Utara.

Terkait penguatan fungsi legislasi DPD, PPUU akan bekerja sama dengan 3 (tiga) universitas yaitu Universitas Lampung (Unila), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Universitas Mataram (Unram).

Adapun tema yang diambil adalah, Unila yaitu efektivitas peran pemerintah terhadap hak masyarakat lokal dan para transmigran dalam penempatan wilayah dan pemberian sertifikasi tanah, UMY yaitu revitalisasi pengelolaan sampah terpadu sebagai upaya pemanfaatan sampah bernilai ekonomi, dan Unram yaitu problematika Sisdiknas di Indonesia studi kebijakan pemerintah daerah dalam mendukung pendidikan untuk pembangunan bangsa.

Pemilihan tema dan ketiga universitas ini didasarkan pada hasil seleksi terhadap proposal penelitian yang disampaikan oleh beberapa perguruan tinggi.(dia/dpd)