logo

DPD RI Micro Site

Sabtu, 23 September 2017 | Edisi : Indonesia
Info DPD

Sekjen DPD Sebut Dana Reses Bisa Cair Asalkan Memenuhi Syarat

Sabtu, 27 Mei 2017 - 16:34:33 WIB
Bara Ilyasa, TEROPONGSENAYAN
94sudarsono.jpg
Sumber foto : Istimewa
Sudarsono

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sudarsono Hardjosoekarto mengatakan, pencairan dana reses kepada anggota DPD harus memenuhi syarat.

Sudarsono menyebutkan, syarat tersebut, pertama para senator harus mengakui keabsahan sidang Paripurna. Pasalnya, pengakuan itu bertujuan untuk sistem kerja. Anggota DPD juga harus mengikuti siklus masa sidang yang disahkan di paripurna, baik pembukaan masa sidang maupun penutupan masa sidang sebelum bekerja di daerah pemilihan.

"Tidak menahan dana reses sebagian anggota, dana itu bisa saja dicairkan asal memenuhi beberapa persyaratan," ujar Sudarsono dalam diskusi dengan tema DPD Untuk Siapa?, Jakarta, Sabtu (27/5/2017).

Lalu, terang dia, syarat kedua, anggota DPD harus melaporkan kegiatan reses sebelumnya. Hal itu dibutuhkan untuk menindaklanjuti aspirasi yang diserap selama masa reses. Asalkan kedua syarat itu dipenuhi, dia menjamin dana reses bisa dicairkan.

"Syaratnya dua itu saja," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah senator mengaku dana reses belum dicairkan karena belum tanda tangan surat pernyataan dukungan terhadap Oesman Sapta Odang sebagai Ketua DPD.

Menurut anggota DPD asal Maluku, John Pieris, pihak Sekretariat Jenderal DPD sengaja menahan dana reses. Imbasnya, senator yang ingin ke daerah pemilihannya, harus menggunakan dana pribadi terlebih dahulu. Jika meminta ke pihak Setjen DPD, ia yakin tak akan diproses pencairan dana resesnya.(yn)