logo

DPD RI Micro Site

Sabtu, 25 November 2017 | Edisi : Indonesia
Info DPD

Anggota DPD Menjadi Fraksi Bagi Dirinya Sendiri

Sabtu, 27 Mei 2017 - 16:07:45 WIB
Bara Ilyasa, TEROPONGSENAYAN
31laodeida.jpg
Sumber foto : ist
Mantan Wakil Ketua DPD RI La Ode Ida

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Mantan Wakil Ketua DPD RI La Ode Ida mengatakan budaya politik DPD berbeda dengan DPR. Anggota DPR terikat dengan fraksi partai politik, sedangkan setiap anggota DPD adalah fraksi bagi dirinya sendiri.

Karena menjalankan fungsi sebagai fraksi untuk dirinya sendiri, menurut La Ode Ida, anggota DPD tidak memiliki ikatan dengan partai politik.

Dengan posisi tersebut, lanjut dia, setiap anggota DPD RI harus menempatkan dirinya sebagai non-governmental organization (NGO) berplat merah. Artinya, setiap anggota harus berjuang dan fokus untuk membangun daerah yang diwakilinya.

"Artinya tidak boleh menunggu apa-apa lagi, ketika dia terpilih. Dia harus punya state of interest, dia menyatakan kepentingan untuk memperjuangkan apa disitu, misalkan dia berjuang untuk bidang lingkungan, dia berjuang untuk bidang pengembangan wilayah dan sebagainya, itu terus dia jalani dan dia lakukan," ujar La Ode dalam diskusi bertema "DPD Untuk Siapa?", di Jakarta, Sabtu (27/5/2017).

Menurut La Ode, figur kepemimpinan DPD RI juga sangat menentukan untuk meningkatkan kinerja anggotanya.

"Jadi figurnya harus kuat, berkarakter, harus tampil setiap hari, memperjuangkan kepentingan daerah masing-masing," ungkapnya.

"Dan juga harus berjuang ke instansi-instansi itu juga perlu," tambahnya.(plt)