logo

DPD RI Micro Site

Sabtu, 25 November 2017 | Edisi : Indonesia
Suara Senator

Penambahan Kursi Pimpinan DPD karena Kebutuhan

Sabtu, 27 Mei 2017 - 05:26:59 WIB
Bara Ilyasa, TEROPONGSENAYAN
21nonosampono.jpg
Sumber foto : ist
Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Nono Sampono menegaskan penambahan kursi pimpinan di DPD RI yang saat ini dibahas dalam revisi UU MD3 karena mempertimbangkan kebutuhan.

Menurut dia, wacana penambahan kursi pimpinan DPD RI bukan dalam rangka rekonsiliasi. Mengingat, saat ini konflik perebutan pimpinan DPD RI sudah memasuki proses hukum di PTUN Jakarta.

"Penambahan itu sebuah kebutuhan. Dalam rangka penguatan peran dan fungsi kelembagaan saya setuju, sangat setuju. Tetapi jangan dikaitkan dengan rekonsiliasi, saya menolak malah kalau bicara rekonsiliasi," ujar Nono di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Dia menyatakan, penambahan kursi pimpinan DPD RI tidak melanggar peraturan yang sudah ada. Apalagi, penambahan tersebuttidak melebihi ketetapan kuota yang telah diatur UU.

"Inikan untuk mengisi alat kelengkapan sehingga saya kira semuanya sudah diperhitungkan dan tidak masalah," terangnya.

Dirinya berharap, dengan adanya penambahan pimpinan kinerja DPD dapat lebih meningkat, karena beban kerja sudah terbagi secara merata dan berimbang.

"Kami melihat kebutuhan daerah dan tingkat pusat sangat tinggi, sehingga bilamana ada penambahan tentunya tidak akan memberatkan dan pelayanan ke rakyat juga lebih baik," tandasnya. (plt)