logo

DPD RI Micro Site

Sabtu, 23 September 2017 | Edisi : Indonesia
Aktifitas Komite

Inilah Curhat Menteri Rini Saat Rapat Kerja dengan Komite II DPD

Kamis, 04 Des 2014 - 17:46:52 WIB
Mandra Pradipta, TEROPONGSENAYAN
39Raker Meneg BUMN dengan Komiti II DPD RI.jpg
Sumber foto : Mandra Pradipta/TeropongSenayan
Meneg BUMN Rini Soemarno Saat Rapat Kerja dengan Komite II DPD RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Mengenakan baju warna putih dan rambut di kucir ke belakang, Menteri Negara BUMN Rini Soemarno tampil bersahaja. Pagi tadi bisa jadi pertama kali dia ke gedung parlemen setelah dilantik menjadi menteri.

Rini memang bukan ke DPR. Mantan Presiden Direktur PT Astra dan Menteri Perdagangan era Presiden Megawati ini sempat mengeluarkan surat edaran yang melarang jajarannya memenuhi undangan DPR. Kehadirannya memenuhi undangan rapat kerja dengan Komite II DPD RI

Saat dalam forum itulah Rini mengungkapkan beberapa BUMN besar laporan keuangannya merah alias mengalami kerugian. Seperti PT PLN, PT Antam dan PT Krakatau Steel. Rini mengaku prihatin atas kinerja perusahaan plat merah tersebut.

Meski begitu Rini terus mendorong perusahaan negara itu terus meningkatkan minerjanya. "Dalam bulan Desember ini kita menyiapkan program untuk PT Antam untuk membangun smelter," kata Rini Soemarno saat raker dengan DPD di komplek parlemen, Jakarta, Kamis (4/12/14).

Pembangunan smelter bertujuan agar bijih mineral tak lagi ekspor dalam bentuk mentah. Namun diolah menjadi bahan setengah jadi agar negara mendapatkan nilai tambah. Pembangunan smelter ini merupakan amanat UU Mineral dan Batubara.

Dicurhati Menteri Rini, anggota DPD dari Sulawesi Selatan, Bahar Ngitung balik menyampaikan menyampaikan informasi yang kurang enak. Kata Ngitung, saat ini ribuan karyawan PT Antam di daerah menganggur. "Saya kira ibu Rini bisa mengatasi hal ini," ujar Bahar Ngitung.(ris)